Air Soda (Tarutung-Sumatera Utara)

Selain pemandian air panas, ternyata Tarutung memiliki satu tempat pemandian yang tidak kalah ajaibnya dari air panas.  Kalo kamu belum pernah rasain sensasi plongnya Sprite, disini kamu bisa rasain asli mandi air soda. Setelah 20 tahun mengenal kota Tarutung, akhirnya baru kali ini aku berkesempatan mengunjungi tempat pemandian ajaib ini. Lagi-lagi ini adalah salah satu karya Tuhan yang amat langka tapi ajaib.
Di tengah-tengah sibuknya kegiatan perkuliahan, aku menyempatkan diri untuk mengunjungi keluarga yang ada di Tarutung-Pintubosi. Dan pada kesempatan inilah akhirnya saya bersama dengan sepupu dan saudara saya mengunjungi tempat ini.
Plangkat Selamat Datang di Pemandian Air Soda

Tempat Pemandian Air Soda-Tarutung


Gelembung Air Soda dapat Menghangatkan Tubuh

Pemandian Air soda berada di Desa Parbubu, Kota Tarutung- Sumetera Utara. Tempat pemandian ini disebut air soda karena airnya benar-benar air soda yang berasal dari sumber mata air. Lokasinya, sangat dekat dengan pusat kota Tarutung. Kalau kita dari Kota Medan, akan menghabiskan waktu sekitar 6-7 jam perjalanan. Rutenya: Medan-Tebing Tinggi- Pematang Siantar- Parapat- Porsea- Balige-Siborongborong-Tarutung. Air Soda ini adalah satu-satunya di Kota itu, bahkan mungkin di Sumatera Utara. Banyak yang mengatakan bahwa air soda ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit jika dimandikan secara teratur. Kebanyakan khasiat ini kurang dirasakan pengunjung dari luar kota karena kemungkinan mereka mengunjungi tempat pemandian ini hanya sekali dalam sebulan atau bahkan sekali dalam setahun. Kota Tarutung yang dingin sangat selaras dengan kondisi air soda ini. Karena apabila kita mandi di sini tubuh kita akan terasa hangat, disebabkan gelembung-gelembung soda air tersebut yang menyentuh tubuh kita.
View yang indah, yang gak boleh dilewatkan

Ajak keluarga atau teman-teman akan lebih seru ketimbang sendirian

Tempat pemandian ini  langsung berhadapan dengan pemandangan atau view yang begitu indah. Hamparan sawah dan barisan gunung menjadi background yang sangat menarik. Makanya, apabila mengunjungi tempat ini, lebih baik jangan sendirian dan tanpa kamera di saku. Karena, tanpa kedua hal itu, kamu gak akan nikmatin liburanmu di tempat ini. Tempat ini juga memiliki fasilitas seperti penyewaan ban renang, baju renang dan rumah makan yang memiliki makanan yang asik di santap sehabis berenang. Karena selain kita menghabiskan energi ketika berenang, kita juga akan merasa lapar. Makanya, moment habis berenang sangat tepat digunakan untuk makan. Hah.. meninggalkan tempat ini yang paling berat, soalnya banyak kenangan indah didalamnya. Kapan ya, bisa kemari bareng keluarga lagi.

Komentar